header banner
Default

Berita tentang pewarna karmin membuat orang ingin mencobanya sendiri Ternyata itu adalah pewarna kosmetik


Table of Contents
  • Home
  • NASIONAL

Editor: Zeri|

Senin 02-10-2023,11:29 WIB

Heboh Pewarna Karmin, Bikin Warganet Penasaran Buktikan Sendiri Pada Produk Ini, Ternyata Pewarna Kosmetik

Heboh polemik pewarna karmin yang terkandung dalam produk minuman.--

SUMEKS.CO - Heboh soal pewarna Karmin dalam produk pangan, yang kini menjadi kontroversi soal haram atau halal dikonsumsi, menambah rasa penasaran warganet untuk membuktikan sendiri.

Diketahui sebelumnya, kabar yang beredar produk makanan atau minuman seperti Yogurt dan Yakult mengandung pewarna Karmin dan dinyatakan haram oleh LBM PWNU Jawa Timur.

Dalam fatwa LBM PWNU beberapa waktu lalu, produk pangan yang mengandung pewarna Karmin tidak hanya terhadap produk Yogurt ataupun Yakult saja.

Namun, produk pangan lainnya terutama produk pangan yang menggunakan pewarna merah, seperti susu bahkan produk kosmetik.

BACA JUGA:Buya Yahya Berikan Pesan Menyentuh Terkait Silang Pendapat MUI vs PWNU Jatim Terkait Pewarna Karmin

Salah satu akun media sosial @rahmatulummah91, akhirnya penasaran dan ingin membuktikan sendiri terhadap salah satu produk susu berwarna merah atau pink.

Dari video yang diunggah, Sabtu 30 September 2023, saat dibuktikan ternyata salah satu produk susu merk terkenal tidak menggunakan pewarna Karmin sama sekali.

@rahmatulummah91 pecinta ult*amilk atau ult*amimi pink bisa ganti susu itu ya ibuibu , karena pewarna ny tidak pakai karmin #karmin #charmine #120 #pewarnamakanan #lbmnu #karminharam #viral #fyp ♬ SEWA NGEGAS - YOUNGPABLO

"Frisian Flag varian Californian Strawberry terpantau tidak mengandung Karmin," tulis thumbnail dalam video berdurasi hanya beberapa detik tersebut.

Sebagaiman kabar yang beredar, produk susu khususnya berwarna merah atau pink bakal tertulis pewarna Karmin atau menggunakan kode CL.75470 dan E120 pada tabel komposisi kemasan.

BACA JUGA:Dicap 'Haram' Karena Disebut Mengandung Karmin, Inilah 5 Manfaat Yogurt Bagi Kesehatan

Akan tetapi, dari video yang diunggah akun tersebut tidak tercantum sama sekali zat pewarna seperti yang dimaksudkan tersebut.

Dari komposisinya, susu cair yang biasa dikonsumsi anak-anak dengan merk Frisian Flag menggunakan pewarna Pewarna Sintetik Ponceau dengan kode 4R CI 16255.

Dari unggahan video tersebut, salah satu komentar warganet akun @Lely***** berkomentar bahwa kode CI yang tertera dalam tabel komposisi susu kemasan tersebut adalah pewarna Karmin.

"CI itu termasuk kode mengandung Karmin kak," tulis komentar akun @Lely*****.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait

VIDEO: Geger soal Bahan Pewarna Karmin dari Serangga, Begini Penampakannya! | SINAU
KOMPASTV

Sources


Article information

Author: Dr. Gina Hernandez

Last Updated: 1699528922

Views: 975

Rating: 4.9 / 5 (73 voted)

Reviews: 98% of readers found this page helpful

Author information

Name: Dr. Gina Hernandez

Birthday: 2016-03-25

Address: 9016 Huynh Knoll, East Andreaborough, AK 56204

Phone: +3795465382028242

Job: Article Writer

Hobby: Skateboarding, Origami, Rock Climbing, Surfing, Quilting, Graphic Design, Knitting

Introduction: My name is Dr. Gina Hernandez, I am a venturesome, persistent, accomplished, strong-willed, unswerving, frank, apt person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.